PROSES PROGRAM MAGANG KELOMPOK 15 (B.A.P)

1.   Hasil dari technopreneur kelompok kami sampai saat ini baru Rp 70.000,-
      - Tutorial 3D Blender sebesar RP 40.000,-
      - Film Animasi menggunakan 3D Blender sebesar RP 30.000,-

    2.    Selama kami magang materi yang kami ajarkan adalah 3D Blender, RPG Maker dan MJeni. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut :
         -  3D Blnder : Siswa sudah bisa membuat membuat kursi, meja, rumah, robort serta animasinya  menggunakan 3D Blender. 
          -   RPG Maker : Siswa sudah bisa membuat game edukasi sederhana menggunakan RPG Maker. 
          -  MJeni : Siswa sudah mengenal game Mjeni namun mereka belum bisa menghasilkan sebuah produk game Mjeni.
      3.    Tanggapan dari pihak sekolah sangat baik terhadap kami selama proses magang ini berlangsung dan sangat mendukung sekali, karena mereka berharap siswa/siswi disana bisa lebih maju lagi dan tidak ketinggalan teknologi yang sekarang sedang berkembang.

      4.   Peranan program ini buat sekolah tempat magang ya bisa dikatakan lumayan berperan karena dengan program ini sekolah dengan gratis bisa mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang 3D Blender, RPG Maker dan Mjeni yang tentunya saat sekarang ini lagi berkembang. Sehingga secara tidak langsung dengan program ini bisa membantu kemajuan sekolah dan siswa/siswi di sekolah bersangkutan.

      5.    Selama proses magang ini berjalan antusias siswa/siswi SMK Pasundan Tanjungsari sangat tinggi sekali, bahkan mereka setiap ada jam istirahat selalu belajar ke Lab untuk praktek materi-materi pelatihan yang telah kami berikan. Dan satu lagi seperti siswa/siswi kelas X TKJ 2 sangat tertarik sekali melihat game RPG maker sampai mereka belajar terlebih dahulu pada temen-temenya yang sudah kami ajarkan sebelum mereka sebelum kami ajarkan kepada mereka.

      6.   Pada tempat magang kami jumlah komputer sangat terbatas. Disana ada 10 komputer namun yang bisa dipakai hanya 8 komputer. Sedangkan jumlahsiswa tiap kelas yang kami ajarkan 43-46. Agar semua bisa belajar jadinya kami bagi 2 kelompok, setiap kelas kami bagi menjadi 2 kelompok dimana kelompok 1 dan 2 mendapat waktu 1 jam belajar. Jadinya belajarnya dibagi menjadi 2 sesion. Sehingga tiap komputer dipakai 3 orang. Ya syukurlah walaupun keadan terbatas seperti itu namun tidak mengurangi semangat para siswa dan siswi untuk belajar. Begitu pula dengan kami. Proses belajar tetap berlangsunng dengan baik dan kondusif.

      7.   Saat proses magang berlangsung kami semua berperan dan mempunyai tugas masing-masing dan saling bantu antara teman. Yang pastinya kami selalu kompak.

      8.   Siasat/Strategi yang kami gunakan selama mengajar siswa/siswi di SMK Pasundan adalah kami berusaha membuat proses belajar mereka tidak bosan dengan memutar film animasi pada saat mengajar 3D Blender, memperlihatkan Game RPG Maker pada saat mengajar RPG Maker dan memperlihatkan Game M Jeni pada saat mengajar MJeni. Strategi itu kami gunakan agar mereka tertarik untuk belajar setelah melihat hasil karya kami yang menggunakan 3D blender, RPG Maker dan M Jeni. Syukurlah startegi itu sangat berhasil…

      9.   Materi pengajaran yang disenangi selama proses magang adalah 3D Blender dan RPG Maker.

      10. 2 Materi yang terselesaikan yaitu RPG Maker dan 3D Blender yang sudah menghasilkan produk. Untuk Mjeni karena sulit jadinya tidak cukup dengan waktu yang sangat singkat ini bisa menghasilkan produk berupa game.

      11.  Berguna, karena materi yang diajarkan sangat bermanfaat buat mereka.

      12.  Dapat. Ilmu mengajar dan sabar menghadapi siswa yang nakal..

      13.  Cara kami menyiasati materi yang belum diketahui dan menemukan jawaban pada saat pelaksanaan magang : Menyiasati materi yang belum diketahui kami mencoba untuk mengalihkan mereka ke materi yang lain dan  jangan perlihatkan kalau diri kita  tidak mengetahui materi itu. Sementara itu  kami sambil mencari-cari materi yang mereka tanyakan.

      Menyisati menemukan jawaban pada saat pelaksanaan magang, yang pertama kami lakukan kami akan mengembalikan pertanyaan yang mereka tanyakan, kami berikan waktu 10 menit untuk mereka untuk mencari jawabannya. Sementara itu kami mencari-cari jwabannya lewat internet atau kami tanyakan kepada teman


      0 komentar:

      Posting Komentar


      cari artikel disini

      Mengenai Saya

      Kami selaku pemilik blog ini dengan bangga memperkenalkan anggota kami yang bernama

      "BAP(BALI ACEH PADANG)", yakni :

      1. Taufik Gusman
      2. Irdawati
      3. Ni Putu Yuni Sintia Dewi

      BAP bukanlah "Berita Acara Pemeriksaan" melainkan singkatan dari "Bali Aceh Padang", yang mana anggota dari pemilik blog ini berasal dari tiga daerah tersebut. Makna dari nama tersebut adalah walaupun kita berbeda-beda daerah namun kita mempunyai visi dan misi yang sama yaitu memberikan informasi yang faktual, menarik dan memiliki nilai edukasi sehingga dapat bermanfaat bagi para new netter ataupun istilah kerennya newbie
      Diberdayakan oleh Blogger.

      Kritik Dan Saran


      ShoutMix chat widget

      Blog Archive

      Jam